Saturday, October 1, 2011

Japan

Hidup di jepang....

Tanggal 28 september 2011, ahkirnya mimpiku untuk melanjutkan sekolah di negeri sakura terwujud, pada hari itu aku sampai dijepang setelah seharian menempuh perjalanan dari Indonesia
Aku berangkat dari indonesia pada tanggal 27 September 2011, dengan menggunakan pesawat garuda. Jam 1.50 siang, aku berangkat dari bandara Padang. Jam 6 sore aku melanjutkan perjalanan ke bali masih dengan menggunakan pesawat garuda. jam 1 dini hari tgl 28 pesawat garuda yang aku naiki berangkat ke Kansai Jepang.

Sampai di kansai jam 9 pagi tgl 28 september 2011, aku sudah ditunggu oleh Shimomai Sensei. Kami lansung beli tiket kereta untuk menunju Matsue. ada 4 tiket yang harus dimiliki untuk smapai di matsue. yang pertama adalah tiket boarding, dan 3 lagi adalah tiket dari Kansai airport ke Shin Osaka, dari shin osaka ke Okayamadan terus ke matsue.

Sampai di matsue, kami ditunggu oleh Inata-san. dia adalah murid Master tingkat pertama. kami lansung menuju Apartemenku di Kubota B, yang terletak di belakang kampus (3 menit jalan kaki dari kampus).Setelah sampai di apartemen, aku meletakkan barang-barangku, dan kami melanjutkan perjalanan ke Kampus untuk bertemu Kozu-sensei.
Kami lansung menuju lantai 10, yaitu RSL (Remote Sensing Laboratory). Disini aku tidak lansung bertemu Kozu-sensei, karena dia sedang keluar.

Aku lansung menuju meja komputerku, dan meletakan komputer program yang kubawa dari Indonesia. Oleh-oleh yang kubawa dari indonesia habis, dan tidak cukup untuk semua warga di RSL, karena siswa lumayan banyak di LAB ini (ada 16 orang). aku memperkenalkan diri ke masing-masing siswa.

Aku keluar lagi dengan Shimomai sensei untuk mengurus apartemenku. ada teknisi yang datang untuk memasang kompor gas dan menghidupkan listrik. setelah selesai kami kembali ke Lab. dan aku bertemu dengan kozu-sensei. setelah itu aku menyusun buku dan komputer program yang kubawa dari indonesia. hampir malam Shimomai sensei, membawaku untuk membeli perlengkapan seperti gelas, piring, kasur, dan lain-lain.
Setelah belanja Shimomai sensei mengantarku pulang. setelah shimomai sensei pulang aku makan malam, dengan nasi kotak (bento) yang aku beli di minimarket. dan setelah itu aku susun barang2 yang telah aku beli tadi. oya, shimaomai sensei juga menolong aku untuk memasangkan alas kasurku sebelum dia pulang. sungguh sensei yang sangat baik.

Sebelum aku tidur, aku melaksanakan sholat magrib yang di jamak dan sholat Isya. Dua hari ini aku tidak bisa melaksanakan sholat tepat waktu. Jam 6 aku terbangun dan ku lihat matahari terbit sudah tinggi. Aku segera melaksanakan sholat subuh. setelah sholat aku tidur lagi, karena sangat capek. bangun jam setengah 8 aku lansung mandi, dan bersiap untuk kekampus. hari ini aku akan pergi dengan Inata-san untuk mengurus surat2 ku. Sampai jam 9 di kampus, kozu-sensei memintaku untuk mengcopy beberapa literatur tentang radar. tempat photocopy adalah di lantai 9. kita bisa mepotocopy dengan menggunakan kartu khusus. dan Kozu sensei meminjamkanku kartunya, agar aku bisa memgcopy buku.

Jam setengah sebelas. aku kembali kerumah dengan shimomai sensei, karena teknisi gas datang kerumahku untuk memperbaiki aliran gas. setelah balik kekampus aku pergi dengan inata-san ke International student section, yang ada di wilayah kampus, untuk malaporkan kedatanganku, dan mengurus kartu mahasiswaku. setelah itu kita pergi ke cityhall. cityhall adalah kantor walikota untuk mengurus KTP ku. setelah itu aku pergi kita pergi kantor pos untuk membuka rekening bank. siang jam 2 kita kembali kekampus. dan aku harus makan bento lagi siang ini. Soerenya aku kembali kerumah dengan Shimomai sensei, karena teknisi listrik datang untuk mengganti meteran listriku,

Malam harinya, RSL member mengadakan wellcome party untukku. masing2 orang memperkenalkan diri termasuk aku. kita cuma minum dan makan snack. sampai jam setengah 8 kita selesai dan bubaran. Pak sigit menemui aku di RSl, dan kami lansung menuju ruangannya untuk emngambil beberapa barang. setelah itu kami menuju ruangan Buk Lili untuk mengambil beberapa barang. Pak sigit dan buk lili adalah mahasiswa indonesia juga.

Setelah selesai, kami pergi makan malam ke 500 yen restoran. tempatnya adalah di depan kampus. kami bertemu dengan mahasiswa bangladesh disini. setelah makan pak sigit mengantarku pulang. Setelah pak sigit pulang aku harus menyusun barang-barang yang aku bawa dari ruangan pak sigit dan buk lili. setelah itu aku mandi dan melaksanakan sholat magrib yang di jamak dan shoalt isya. Subuh aku bangun, segera melaksanakan sholat subuh. aku tidur lagi dan terbangu jam setenagh 8. aku lansung mandi dan bersiap untuk berangkat ke kampus. hari ini Oomori-san, siswa master tahun 2 akan mensetingkan komputerkuku. Jam 10 kita mulai, dan komputerku diinstalkan windows 7 dengan menggunakan almail untuk program email. aku dibuatkan email shimane oleh shimomai sensei. Jam 12 siang aku bergegas turun untuk menemui pak sigit di lobi kampus. kami akan pergi melaksanakan sholat jumat di AML, yaitu di tempat pelatihan bahasa di depan gerbang kampus Shimane. Disini aku bertemu dengan mahasiswa muslim lainnya.

Aku memperkenalkan diri setelah kita melaksanakan sholat jumat. beberapa orang menawarkan bantuannya kepadaku. termasuk Emad. dia adalah mahasiswa dari mesir. Aku diajak makan siang ke cafe kampus oleh pak sigit. Makan disini lumayan enak dan lumayan murah. setelah makan siang kita berpisah dan aku lansung menuju international student section untuk mendaftar kursus bahasa jepang.

Jam 2 aku kembali ke Lab, dan Oomori-san dengan senang hati mengis\ntalkan linux di komuterku. tapi hari ini instalasi linux tidak berhasil dan kita akan mengulangnya senen minggu depan. Jam setengah 9 aku pulang, dan lansung makan malam dengan bento, yang telah aku beli di Mishimaya.

Tanggal 1 oktober 2011, jam 10 pagi aku sampai di minimarket di depan gerbang kampus untuk bertemu dengan emad. tapi sayang aku tidak bisa bertemu dengannya. aku jalan ke aeon untuk membeli beberapa perlengkapan dan sekalian aku membeli makan siang dan makan malam. sampai dirumah aku memeprbaiki kran untuk air panasku, dan alhamdulillah aku bisa memperbaikinya dengan obeng dan tang yang telah aku beli. setelah selesai aku memanaskan makan siangku dengan microwave. setelah itu aku makan siang dengan nasi, tempura dan ikan.

Jam 1 aku terbangun dan segera sholat. aku mandi dan bersiap untuk kekampus. sampai dikampus aku harus menuggu orang yang akan masuk kekampus, karena kartu mahasiswaku belum selesai. tidak berapa lama aku masuk kekampus dan lansung menuju lab. sampai di RSL aku keruangan kozu-sensei untuk meminta kunci ruangan ke padanya. Setelah itu kozu sensei, mengantarku pulang untuk mengantar lemari yang dibawanya dari rumah.

Kembali kekampus, aku mencek emailku. rupanya di emad menungguku Jam 1 disupermarket ditempat aku menunggunya tadi. sayang sekali!!!