Thursday, June 16, 2011

WAKATOBI >>> BUNAKEN

Pulau Hoga terletak di kepulauan WAKATOBI (WANCI,, Kaladeupa, tomia dan Binongko). Tepatnya pulau hoga terletak di dekat pulau kaladeupa.
Perjalanan saya ke pulau Hoga dimulai dengan keberangkatan dari Makasar tgl 20 Dec 2010. Saya ambil penerbangan ke Bau bau dengan menggunakan pesawat Lion. Penerbangan lain yg bisa digunkaan yaitu dari Makasar ke Wanci (nama pelabuhannya Matohara). Tapi harga tiket ke wanci jauh lebih mahal dari ke Bau-bau. Kita bisa menggunakan Ekspress air untuk mencapai wanci. Saya ambil penerbangan siang ke Bau-bau dengan harga tiket Rp 300 Ribuan. Sampai di bau-bau sekitar jam 3. Dari bandara bau-bau saya nebeng dengan teman satu pesawat ke Dermaga bau-bau. Kalau menggunakan ojek, kita bisa bayar 20 Ribuan. Sebelum saya ke Dermaga, saya diajak mampir oleh teman yang satu pesawat tadi utnuk melihat kilang minyak di bau-bau.
Kapal dari Bau-bau ke wanci merupakan kapal kayu, yang juga merupakan kapal barang untuk membawa barang dagangan dari bau-bau ke wanci. Kapal ini tidak menyediakan tempat pembelian tiket, dimana tiket di beli diatas kapal. Cara pemesanan tiket lumayan gampang, kita cukup naik ke kapal dan melipat kasur yang di sediakan di kapal tersebut. Kapal ini berangkat jam 9 malam.
Karna punya waktu yang masih lama, saya tidak memesan tiket kapal, dan kembali ke Pasar bau-bau, yang jaraknya lumayan dekat dengan dermaga. Saya melaksanakan sholat ashar di Mesjid raya bau-bau. Setelah sholat Ashar saya kembali ke kapal untuk memastikan tempat tidur saya. Saya ahkirnya pesan kamar di Kapal ini dengan harga 150 Ribu. Setelah pesan kamar saya kembali berjalan ke Pasar bau-bau. Disebelah dermaga ada tempat bagus untuk nongkrong yang merupakan tempat nongkrong orang bau-bau. Sama seperti pantai padang kalau di padang. Disini saya menikmati minuman khusus Bau-bau yang diberi nama SARABA. SARABA merupakan minuman jahe yang diberi susu dan Gula. Sangat manis tentunya, tidak disarankan bagi orang yang tidak pencinta gula. Disini goreng sukunnya enak sekali. Sangat disarankan bagi anda pencinta sukun tentunya...:)
Setelah puas nongkrong disini, saya kembali ke mesjid raya bau-bau utnuk melaksanakan sholat Magrib. Saya lansung Jama’ dengan Isya. Setelah sholat magrib, saya Beli minuman dan makanan untuk dikapal dan tidak lupa beli peralatan mandi dan Sunblok. Setelah itu saya sewa Ojek untuk antar saya ke Dermaga, karena hari mulai Hujan. Tiba dekat dermaga saya makan malam di kedai nasi yang jual ikan bakar. Tapi sayang sekali, pengunjung disini sangat rame, jadi terpaksa saya batalkan niat untuk makan ikan bakar. Saya hanya makan sup tulang. Lumayan enak.
Setelah makan malam saya bergegas ke Kapal. Dan Lansung meletakan barang-barang bawaan saya di kamar yang telah saya sewa. Cara penyewaan kamar sangat gampang anda cukup pesan ke Anak Buah Kapal. Setelah saya letakan barang, saya sempat ngobrol dengan Bapak-bapak dan Anak laki-lakinya yang juga akan menuju wanci. Bapak ini sangat ramah sekali. Setelah ngonbrol sebentar saya masuk kamar (sekitar jam (9). Karena pengaruh obat batuk yang saya minum, saya tertidur, sampai jam 4 pagi. Setelah bangun saya segera melaksanakan sholat subuh.
Setelah sholat saya, ngobrol dengan teman sekamar yang namanya Ahmad. Beruntung sekali Ahmad merupakan karyawan pulau hoga yang lagi OFF. Dia merupakan guide selam di pulau Hoga. Sampai di wanci. Ahmad memeprkenalkan saya dengan Mbak Ilum yang juga akan berangkat ke Pulau Hoga. Mbak ilum merupakan bendahara pulau Hoga. Dari dermaga wanci kita menggunakan Ojek untuk menuju dermaga untuk menuju Kaladeupa. Sewa ojek dari dermaga wanci ke ke dermaga untuk ke Kaladeupa (humhur) adalah 10 Ribu. Saya di pesankan tempat duduk kapal (kapal kecil isi 20 orang) oleh Mbak Ilum. Harga tiket kapal ini adalah 40 Ribu. Jam setengah delapan pagi setelah sampai di dermaga untuk menuju pulau Hoga, saya dapat telp dari Rin, yang mengabarkan dia tidak lulus PNS. Sangat sedih dengar dia nangis. Ga tau harus buat apa. Smbil menunggu jam 10 untuk berangkat ke Kaladeupa saya sempatkan sholat Dhuha, supaya Rin diberi Rejeki yang lain setelah ketidak lulusannya.
Jam 10 Kapal berangkat. Jarak dari wanci ke Kaladeupa adalah sekitar 1 jam. Sampai di Kaladeupa saya dan Mbak Ilum sudah ditunggu dengan Speed Boad oleh staf pulau Hoga. Jadi saya tidak sempat mampir di kaladeupa, karena saya tukar kapal diatas laut.
Sampai di Pulau Hoga Jam 12 Siang, saya lansung di antar oleh Staff pulau Hoga ke Homestay. Sewanya sangat murah hanya 50 Ribu permalam. Homestay ini menghadap ke laut, dilengkapi dengan 2 spring bed dan kamar mandi. Saya lansung mandi. Dan setelah itu saya menuju dapur umum untuk makan siang. Menu makan siang hari ini adalah Mie, homelet dan Nasi. Setelah makan siang saya lansung tidur di Homestay sampi jam 5 sore.
Setelah sholat magrib saya kembali ke dapur umum untuk makan malam. Menu makan malam adalah ikan tuna goreng dan nasi. Setelah nonton sebentar saya kembali ke Homestay. Saya telp Rin samapi jam 12 malam, mgnkn ini waktu pertama kalinya saya telp Rin sanagt lama. Cuma berniat untuk menghiburnya sapaya jgn terlalu bersedih dengan kegagalannya.
Jam setengah 5 saya bangun dan sholat subuh. Setelah itu saya keluar untuk melihat sunrise. Jam 7 pagi saya lansung terjun ke luat untuk snorkling. Saya sangat terkesima dengan Karangnya. Ini sangat beda dengan yaang ada di mentawai (siberut) , pulau seribu (Pramuka), Bali (siminyak), Lombok (Gili air, benu dan trawangan). Ini sangat indah. Setelah satu jam perut saya mulai terasa lapar. Saya kembali kedarat untuk makan pagi. Sarapan saya hari ini adalah nasi goreng. Setelah sarapan saya kembali ke luat untuk snorkling. 2 jam tidak terasa, saya sangat capek. Dan kembali ke Homestay untuk istirahat. Setelah tertidur sampai jam 12 saya bangun dan sholat zuhur. Setelah Zuhur saya makan siang. Dan kembali berenang di tempat yang sama yaitu dekat hanggar pulau Hoga. Tepatnya di Bola ketiga sebelah kanan. Tempat ini merupakan temapt budidaya karang. Jadi karangnya sangat bagus. Ikannya juga cantik2. Tapi sayang saya tidak melihat penyu.
Setelah capek saya kembali kedarat. Untuk istirahat. Setelah istirahat dan sholat ashar. Setelah ashar saya kembali snorkling dan tidak terasa matahari sudah mulai hilang., terpaksa saya berenang ke tepi dengan kegelapan. Suasana disini sangat romantis, Sunsetnya sangat indah, Berharap suatu hari saya kembali kesini (dalam hati berdoa bisa bawa Rin kesini suatu saaT..:)..)....
Setelah sholat magrib saya tidur-tiduran dan setelah sholat isya, saya ke dapur umum untuk makan malam dimana menunya adalah nasi, ikan bakar, sayur goreng dan tomat yg diiris (sambal orang sini)
Setelah telp rin samapi jam 12 malam, saya tidur. Bangun jam setengah 5 saya lansung sholat subuh. Saya kembali tidur, karena diluar anginnya sanagt kencang. Jam setengah 8 saya jalan2 di pantai untuk melihat suku bajo menangkap ikan. Ikan disini sangat banyak. Suku bajo hidup dari menangkap ikan . Mereka hanya menebar jala pas air laut surut, dan mencek jala pas air laut pasang. Sempat ngobrol dengan orang Bajo, yang merasa tersisihkan dengan pembangunan pariwisata di wakatobi.
Setelah sarapan roti dan ikan bakar, saya ambil perlengkapan snorkling dan lansung terjun ke laut. Spot hari ini saya ambil sebelah kiri dari Homestay. Tempat, kali ini tidak terlalu bagus karena karangnya, tidak terlalu penuh, tapi tetap saja ini begitu indah buat saya, yang menambah kekaguman saya kepada Allah SWT. Begitu sempurna dia mencipakan dunia dengan segala isinya. AllahuAkbar!!!!
Setelah berenang bebrrapa lama, saya kedarat dan makan siang. Setelah makan dan sholat, saya kembali ke laut. Tapi hari ini saya tidak terlalu beruntung, karena angin sangat kencang. Sambil menunggu hari sudah sore. Setelah Ashar, saya beranikan untuk berenang ke tengah, tapi angin sangat kencang. Saya menyerah pada percobaan pertama ini. Karena sudah tidak tahan saya kembali ke tengah laut untuk berenang. Ini membutuhkan tenaga ekstra. Saya harus di hempas ombak beberapa kali, tapi Alhamdulillah saya smpai di Spot yang saya mau. Menikmati karang sendiri ditengah laut merupakan sensasi yang luar biasa, semua adrenalin terpacu. Tapi karena saya sudah serahkan hidup saya ke Allah, Alhamdulillah saya tidak merasa takut sedikitpun, setidaknya kalau matipun saya mati ditempat yang saya sukai.
Tanpa terasa hari mula gelap, dan saya harus berenang ke darat. Mngkn saya butuh waktu setengah jam untuk berenang kedarat, karena angin yang kencang. Hari sudah sangat gelap setibanya saya di darat. Saya lansung mandi dan sholat. Setelah Isya saya makan malam sambil membayar akomodasi saya selama disini. Lumayan murah untuk backpacker, karena 3 hari saya disini saya Cuma bayar, 150 Ribu untuk homestay, 250 Ribu untuk makan dan 180 Ribu untuk sewa alat ditambah sewa speed 50 Ribu untuk ngantar saya ke kaledupa besok pagi. Jam 10 saya tidur, setelah telp Rin.
Subuh-subuh saya dibangunkan oleh Bapak-bapak yang akan mengantar saya ke kaledeupa. Pak Djufri juga mengantar saya ke kaledupa. Waktu perjalanan dari Hoga ke kaledupa adalah sekitar 30 Menit. Sampai kaledupa saya lansung naik long boat untuk ke wanci. Sampai di wanci jam 7 saya lansung jalan kelaur dermaga. Dari dermaga kita belok kiri maka akan sampai di pasar wanci. Dipasar wanci saya beli martabak manis utnuk sarapan dan sebotol aqua. Dari pasar wanci saya naik ojek ke Lapangan dan bayar 2 ribu. Lapangan adalah nama tempat yang lumayan ramai di daerah wanci. Disana saya ngenet selam 2 jam. Setelah itu saya jalan menuju dermaga wangi wangi. Dermaga wangi-wangi adalah dermaga tempat kapal besar yang akan membawa saya ke Bau-bau. Sampai di dermaga saya lansung pesan kamar. Kamar dan Tiket ekonomi saya bayarnya Cuma 150 Ribu. Setelah pesan kamar saya jalan lagi kearah barat dermaga. Sekitar 10 menit jalan saya dsapa oleh Ibu-ibu dan menenyakan mau kemana. Dia bertanya apakah saya mau mandi. Ternyata di dekat itu ada tempat pemandian umum yang airnya sangat jernih dan terlihat seperti Goa. Namanya TEKOSAPI. Air di tekosapi ini kadang pasang dan kadang surut, kata penduduk airnya berasal dari laut, tapi aneh juga kenapa airnya tidak asin.
Setelah mandi sepuasnya saya bergegas menuju mesjid yang lumayan dekat dari tempat pemandian. Saya berencana untuk melaksanakan sholat Zuhur. Tapi saya terkejut, karena smpai dimesjid ada banyak orang didalam mesjid, yang ternyata akan melaksanakan sholat jumat. Jadi ternyata hari ini adalah hari jumat. Bersyukur sekali karena saya bisa mandi sebelum melaksanakan sholat jumat. Setelah sholat jumat saya, dihampiri oleh seorang bapak-bapak. Ternyata Bapak ini adalah Bapak yang bertemu saya di Kapal waktu saya naik kapal dari bau-bau ke wanci. Bapak ini mengajak saya kerumahnya. Dirumah ini saya bertemu dengan semua anggota keluarganya, yaitu satu anak ceweknya, satu anak cowoknya yang sekolah di STIP jakarta, yang ternyata namanya Adi, dan istri bapak tersebut serta satu orang cucunya. Saya makan dengan Mie rebus, nasi dan Ubi kayu yang di kukus, yang merupakan makanan tradisional disini.
Setelah ngobrol-ngobrol sebentar saya permisi kebapak tersebut untuk melanjutkan perjalanan. Saya jalan menuju lapangan dan main inet lagi selama satu Jam. Setelah main inet saya bergegas ke mesjid utnuk sholat ashar. Setelah sholat saya lansung menuju kapal dan lansung tidur dikamar. Jam setengah 6 saya bangun dan bergegas Ke mesjid untuk melaksanakan sholat magrib dijamak dengan Isya. Mesjid lumayan dekat dari dermaga, kita bisa mendengar suara Adzan dari kapal. Setelah sholat saya cari tempat makan. Makan disini sangat murah, saya makan dengan ikan goreng Cuma bayar 6 ribu. Setelah makan saya beli pisang goreng untuk persiapan di kapal. Setelah itu saya kembali kekapal dan lansung masuk kamar. Dikamar, saya ngobrol dengan teman sekamar yang merupakan teknisi telkomsel. Jam 9 saya tidur dan bangun jam 5 pagi. Saya bergegas sholat subuh., setelah sholat saya duduk diluar, sampai menunggu kapan merapat. Jam 7 kapal merapat di bau-bau. Saya jalan keluar dermaga untuk mencari tempat sarapan. Saya sarapan gado2 di kedai didepan dermaga, dan saya juga numpang mandi. Harga gado-gado dan teh pahit Cuma 10 ribu.
Setelah itu saya jalan lagi untuk mencari warnet. Saya jalan cukup jauh, hingga menemukan mesjid baiturahman. Mesjid ini di cat warna hijau hingga kelihatan cantik. Saya sholat dhuha disini. Setelah sholat dhuha, saya jalan lagi untuk mencari warnet. Saya main warnet satu jam. Setelah itu saya jalan menuju pasar bau-bau. Sambil menunggu waktu zuhur saya jalan-jalan di pasar bau-bau dan sempat menikmati es pisang hijau. Setelah menikmati es pisang hijau saya jalan ke mesjid bau-bau untuk shoalt zuhur. Ternyata mesjid belum buka, maka saya tidur2 dipelataran mesjid. Sekitar satu jam mesjid dibuka, saya bergegas wudhu dan melksanakan sholat tahyatul mesjid. Setelah itu saya mengaji. Bersyukur sekali saya bisa ngaji ditempat ini, karena sudah beberapa hari saya tidak ngaji. Setelah sholat zuhur berjamaah, saya jalan untuk cari makan siang. Saya menemukan kedai nasi padang dengan merek “syahrial”. Makan siang luamyan murah saya Cuma bayar 15 ribu. Setelah makan saya jalan ke pasar bau-bau dan sewa ojek ke bandara. Sewa ojek Cuma 10 ribu. Sampai bandara, saya cek in dan bayar airport tax Cuma 14 ribu. Setelah itu saya masuk boarding room. Ditempat ini saya bertemu dengan teman sekamar saya di kapal yang merupakan teknisi telkomsel.
Perlu diketahui bandara bau-bau ini sangat kecil, dan pesawat yang mendaratpun Cuma bisa pesawat kecil. Kita ambil bagase di lapangan terbuka. Saya tidak terbayang kalau pas turun hari lagi hujan, bagaimana cara ambil bagase.:-).
Kami naik pesawat jam 3 wita. Dan saya sebangku dengan feris. Yang merupakan cewek dari wanci, yang akan ke jakarta untuk menemui suaminya. Feris merupakan seorang diver. Setelah. Feris tinggal dekat rumah pak laode saliki, yaitu bapak yang mengajak saya makan siang dirumahnya.
Jam 5 wita, saya sampai makasar. Saya sholat ashar dan setelah itu jalan-jalan di daerah bandara, sambil beli-beli juga beberapa pakaian. (mahal sekali) :)
Setelah itu saya melaksanakan sholat magrib dan setelah itu saya makan malam. Menu makan malan adalah pergedel jagung dan ikan goreng. Setelh sholat Isya saya masuk boarding room. Pesawat berangkat jam stngah 9 dan sampai jam 10.30 dimanado. Saya jalan keluar bandara dan naik anglot jurusan pall 2. Setelah itu saya naik angkot lagi jurusan pusat kota. Ongkos angkot disini Cuma 2 ribu. Setelah itu saya naik angkot lagi menuju tumingtil Didaerah tumingtil saya nginap di hotel mini mulya. Harga kamar Cuma 60 ribu. Hotel ini dekat dengan pasar 45 yang merupakan juga dermaga untuk menuju bunaken.
Pagi-pagi saya jalan ke pasar 45 untuk cari publik boat ke bunakan. Dermaga untuk publik boat ada didaerah koala yaitu dibelakang pasar 45. Ternyata hari minggu tidak ada publik boat ke bunaken. Tapi alhamdulillah saya bisa ke bunekan dengan bayar 70 ribu, karena saya nebeng dengan kapal yang telah di sewa orang.
Setelah sampai buneken, kita berganti kapal dengan kapal kaca. Gunakanya yaitu untuk melihat ikan-ikan dibawah laut dengan menggunakan kaca di kapal tadi. Setelah liat-liat ikan dan karang dengan kapal saya dan beberapa orang dari jakarta yang saya tebengi kapalnya, merapat lagi kedarat. Didarat, saya menikmati pisang goreng dan teh. Saya berkenalan dengan Pak angki, yaitu orang yang sewa kapal dari manado ke bunaken yang kapalnya saya tebengi. Pak angki bekerja di bank mutiara yang merupakan bank pengganti century.
Setelah menikmati pisang goreng dan teh, pak angki harus balik ke manado. Saya tinggal di bunaken (pulau liang) karena saya berencana untuk snorkling 3 hari disini. Sambil menunggu kapal untuk snorkling saya sewa peralatan snorkling. Sewa alat komplit, snorkel, kacamata, wet suit dan Fins Cuma 100 ribu. Kapal Si rinto datang untuk bawa rombongan snorkling. Rombongan ini adalah satu keluarga dari surabaya dengan 3 orang anak. Kami snorkling bersama.
Setelah puas snorkling kami kembali ke Liang. Dan saya dapat penginapan di rumah si Ji i. Ji i adalah teman Rinto. Sewa rumah penduduk Cuma 50 ribu permalam. Saya diantar Ji i kerumahnya. Setelah sampai rumah saya bergegas zuhur dan makan siang. Menu makan siang adalah nasi, telor ceplok dan cabe yg diiris dengan bawang. Setelah makan saya ngobrol-ngobrol dengan ibu Ji i. Setelah ngobrol saya bergegas ke Mesjid untuk sholat ashar. Setelah sholat saya kembali ke rumah, dan mandi. Setelah mandi saya jalan-jalan ke dermaga. Daerah ini sangat indah, dan di dermaganya banyak anak-anak berenang, dengan terjun dari dermaga. Magrib saya bergegas pulang dan segera melaksanakan sholat magrib di mesjid. Setelah sholat saya pulang dan ngobrol2 dengan bapak dan Ibu Ji i. Seelah ngobrol-ngobrol saya ke mesjid utnuk sholat isya. Setelah sholat isya saya pulang dan makan malam. Menunya adalah mie telor nasi dan ikan goreng. Setelah makan saya nonton bola antara malaysia dan indonesia yang dimenangkan oleh malaysia dengan skor 3-0. Setelah itu saya tidur. Besok pagi-pagi sy bgn jam stngah 5 dan bergegas sholat subuh. Jam 7.30 saya dan kak fatimah, kakaknya ji i yang jualan di liang berangkat ke liang. Jam 9 kapal si ji i datang bawa rombongan untuk snorkling. Saya diminta si rinto untuk mengguide rombongan ini. Setelah puas kita kembali keliang dan saya makan bersama dengan si ji i diliang. Menunya adalah nasi, ikan bakar dan sayur pepaya.
Setelah sholat zuhur saya sewa kapal bapak Ji i untuk antar saya snorkling ke siladen. Disiladen tempatnya sangat bagus lebih bagus dari didepan pulau liang. Setelah itu kami bergerak ke bunakan timur. Disini karangnya sangat bagus dan ikannya bervariasi. Jam 3..30 saya minta ke Bapak Ji i untuk antar saya pulang, karena capek berenang seharian. Sampai rumah saya mandi dan sholat ashar. Setelah sholat saya menikmati goreng syukun dan teh yang dibuatkan oleh Ibu Ji i.
Magrib saya bergegas ke mesjid untuk sholat dan ngaji. Setelah pualng kerumah. Isya saya bergegas ke mesjid. Pulang shoalt isya itu saya main inet danpulang untuk makan malam dan nonton. Setelah nonton. Saya tidur.
Tgl 28 Dec, saya menuju liang menggunakan kapal Bapak Ji i. Jam 9 saya snorkling dengan rombongan kapal si rinto. Jam 12 saya balik ke liang dan makan siang. Setelah sholat saya minta Bapak Ji i antar saya ke bunaken timur untuk snorkling, setelah puas kita pindah ke likuan. Disini tempatnya juga bagus dengan karang dan ikan2 yang sangat bagus. Setelah itu kami pindah ke depan liang. Dan saya snorkling lagi. Setelah puas kami balik ke liang. Kami pulang kerumah dan saya mandi lalu sholat ashar. Setelah sholat saya istirahat, dan menuggu magrib. Setelah magrib saya pulang dan kembali ke mesjiduntuk sholat isya. Setelah sholat Isya, saya makan malam. Setelah makan malam saya ngobrol-ngobrol dengan kak fatimah, dan Bapak serta ibu ji i. Sekalian saya bayar akomodasi saya selam disini. Disini, saya bayar murah sekali, yatu untuk sewa kapan Cuma 100 ribu untuk 2 kali. Makan dan penginapan 300 ribu.
Seetlah beli kaos ke kak fatimah, saya tidur untuk persiapan balik ke manado besoknya. Tgl 29 dec, 2010, pagi-pagi saya naik publik boat dari pulau liang (dekat rumah ji i) ke manado harga tiket Cuma 10 ribu. Perjalanan sekitar 1 jam. Sampai di dermaga manado, di pasar bersehati. Dari sini saya naik angkot jurusan terminal karungbasan. Dari sini saya naik buz ke tomohon. Ongkos buz adalah 6 ribu. Daerah tomohon adalah daerah perbukitan yang indah dan udaranya sangat sejuk . Sekitar satu jam saya samapai terminal tomohon, dan naik angkot jurusan perum. Ongkos angkot Cuma 2.500. Saya turun di depan mini maerket cool. Dimana didepan minimarket ini ada homestay. Tapi saya tidak jadi menginap disini karena homestaynya penuh. Saya naik angkot jurusan perum lagi dan turun di penginapan kawanuang. Jaraknya tidak terlalu jauh dengan penginapan pertama.
Harga kamar disini 150 ribu permalam. Setelah cek in saya cari ojek untuk antar saya ke danau linau. Danau linau adalah danau dengan banyak warna, tapi sayang ketika saya disana warna airnya Cuma dua. Setelah dari sana saya mandi air panas dekat dengan danau linau. Setelah puas saya pulang dan bayar sewa ojek 40 ribu. . Saya sholat ashar dan tidur. Jam 6 saya terbangun dan bergegas untuk sholat magrib. Setelah sholat saya keluar untuk cari makan malam. Saya makan di kedai nasi putra minang, dimana tempat ini juga merupakan tempat makan siang tadi siang. Tempatnya adalah di depan mini market cool. Kedai nasi ini merupakan milik orang magek bukittinggi. Setelah makan saya pergi ke minimarket cool untuk beli makan ringan dan batray camera. Setelah itu saya balik kepenginapan dan sholat Isya. Setelah itu saya nonton sepak bola piala AFF antara indo dan malaysia yang ahkirnya di menangkan indonesia dengan skor 2-1.
Pagi tanggal 30 desember 2010, saya sewa ojek untuk antar saya ke bukit kasih. Sewa ojek 50 ribu. Bukit kasih merupakan bukit yang terdapat 5 buah temapt ibadah. Disini saya sempatkan makan jagung rebus,dimana jagung rebus dimasak dengan air belerang yang keluar dan perbukitan disini. . saya bayar ojek 50 ribu untuk sampai ketempat ini. Setelah itu saya bergegas ke terminal tomohon untuk balik ke Manado. Sampai terminal karung basan saya naik angkot jurusan 45, dan turun didaerah boulevard. Saya menginap di penginapan matuari didepan boulevard. Sewa kamar standarnya adalah 50 ribu. Setelah cek ini saya keluar untuk cari makan siang. Menu makan siang adalah soto ayam lamongan. Setelah sholat zuhur saya bergegas pulang. Setelah istirahat dan selesai sholat ashar saya tertidur. Bangun waktu magrib saya sholat magrib, dan kembali istirahat. Isya saya keluar untuk sholat di mesjid. Setelah sholat saya jalan ke mega mall. Disini saya beli beberapa obat untuk tenggorokan. Karena batuk saya yang tak kunjung sembuh.
Setelah dari megamall saya jalan kepantai boulevard dan makan malam di warung pinggir pantai boulevard. Menunya adalah nasi goreng seafood. . Tgl 31 dec 2010 pagi saya cek out dari hotel dan menuju tempat souvenir. Tempat penjualan souvenir adalah di belakang pantai boulevard. Setelah beli souvenir saya jalan untuk sarapan bubur manado. Saya harus putar2 naik angkot untuk sarapan bubur manado. . setelah makan bubur saya lansung naik angkot jurusan 45. Turun di pasar 45 saya naik angkot jurusan pall 2. Dari pall 2 saya naik angkot jurusan lapangan (bandara). Sebelum masuk bandara saya sholat jumat dulu. Jam 3 sore saya naik pesawat ke jakarta. Pesawat saya transit di makasar. Butuh 4 jam dari manado ke jakarta.