Thursday, March 29, 2012

P Weh

Perjalanan ke P weh

12 maret 2012. Perjalanan liburan ke pulau weh kali ini dimulai dengan keberangkatanku dari rumah di antar adekku Yogi. Hanya butuh 15 menit dari rumahku ke bandara MIA. Sampai bandara aku lansung cek in dan bayar boarding tax. Meng antri beberapa saat di pemeriksaan imigrasi karena tujuan penerbanganku pagi ini adalah malaysia, dan aku harus ke ruangan khusus karena passpord dinas ku bermasalah. Petugas mensyaratkan aku mengurus surat perjalanan ke luar negri. Jadi ingat beberapa tahun lalu aku diruangan ini untuk mengurus passport temanku dari Jepang yang bermasalah dan pada ahkirnya selesai dengan memberikan beberapa ‘TIPS’ ke petugas. Tapi hari ini aku tidak mungkin lakukan itu. Ini adalah passportku dinasku. Dan aku adalah abdi pemerintah sama seperti bapak-bapak yang mempermasalahkan passpotku pagi ini. Setelah menunjukan tiket ke aceh ku dan kartu identitasku, mereka mengijinkanku lewat meskipun ahkirnya aku adalah penumpang terahkir yang menaiki pesawat.

Jam 10.30 pagi, aku sampai di LCCT kuala lumpur. Setelah Dhuha di Mushalla, aku lansung menuju ruangan cek in, dan terkejut ketika melihat check in board closed. Tapi Alhamdulillah pesawat ke aceh delay dan aku bisa cek in. Untung sekali aku masih bisa terbang, ini salahku, karena aku tidak mencek detail jadwal pesawatku ke aceh. Pesawat delay 2 jam, dan ahkirnya boarding. Jam 2 ahkirnya aku sampai di bandara sultan iskandar muda aceh. Setelah sholat zuhur, aku di hampiri oleh seorang laki2 yang ternyata adalah sopir taxi gelap bernama faizal. Setelah nego di sepakati ongkos dari bandara ke dermaga uleleu adalah 80 ribu.  Diperjalanan dari bandara ke dermaga uleleu faisal mengajakku berkeliling untuk melihat dampat keganasan tsunami. Aku diajak melihat kapal terapung dan museum tsunami. Sampai dermaga uleleu aku lansung beli tiket kapal cepat ke pelabuhan balohan (sabang). Ada 2 tipe kapal, yaitu kapal cepat harga 55 ribu untuk ekonomi class dan bisa sampai dalam 45 menit. Sedangkan kapal lambat harga 19 ribu, bisa sampai ke sabang dengan wktu 2 jam.

Setelah beli tiket aku lansung cari tempat makan. Di dermaga ini Cuma ada jual pop mie dan bakwan, yang ahkirnya menjadi makan siangku kali ini. Tapi ini sungguh sangat nikmat. Makan disaat lapar. Jam 4 kapalku berangkat. Dan 45 menit kemudian merapat di balohan. Dikapal aku berkenalan dengan 2 cewek bule, dari swiss, yang satu namanya maya, adalah seorang dokter dan satu lagi juana yang merupakan tamatan sekolah olah raga.  Mereka baru saja menginjakan kaki di Indonesia dan tidak tau mau kemana. Aku ajak mereka untuk jalan ke Gapang dan sharing taksi. Ahkirnya aku bayar taksi dari balohan ke Gapang dengan harga 40 ribu. harga biasanya adalah 50 ribu, tapi mungkin hari ini aku beruntung. Di mobil ini adalah satu pasang bule lagi, tapi tujuan mereka tidak gapang tapi, freddy home stay. Jam 6 aku sampai di gapang (lumba2 dive shop).

Aku lansung bertemu Rama dan memperkenalkan diri. Beberapa hari sebelumnya aku sudah mengontak dia akan kehadiranku dan rencana kegiatanku disini. Tak berapa lama aku lansung jalan lagi untuk mencari penginapan. Ahkirnya aku dapat penginapan dengan harga 60 ribu permalam di penginapan PAMAN. Setelah meletakan barang2 ku dan sholat ashar, aku kembali ke lumba2 dive shop. Rama memperkenalkan aku dengan charlotte. Dia adalah dive master asal prancis. Charlotte memberikan aku buku panduan untuk AOW (advance open water).  Setelah sholat  magribh. Aku lansung di pandu oleh charlotte untuk mengisi beberapa jawaban yang ada di buku AOW. Cuma beberapa saat, selesai sudah. Aku, juana dan maya dinner di café sebelah lumba2 diveshop setelah itu. Kita bicarakan tentang banyak hal. Tak trasa jam 9 malam sudah. Kita berpisah. Menuju penginapan masing2.

Pagi tgl 13, jam 8 aku keluar penginapan menuju dang dangna café untuk sarapan. Sarapan pagi ini adalah 2 potong roti bakar dan telor ceplok. Setelah sarapan aku lansung ke lumba2 diveshop. Lumayan sibuk pagi ini karena ada dua group yang akan turun. Setelah menunggu beberapa saat charlotte menghampiriku dan menerangkan bahan pelajaran pagi ini. Kelas pagi ini adalah boeyancy. jam 10 pagi setelah memasang peralatan selamku yang dibantu charlotte kami lansung ke laut untuk menyelam. Lokasi penyelaman adalah di depan lumba2 diveshop. Boeyancy ini lumayan sulit, tapi ini adalah dasar penyelaman. Setelah selesai kami keluar dan aku pulang untuk mandi dan zuhur. Setelah itu aku makan siang di dang dangna café.

Jam 2 aku menemui charlotte kembali setelah mengisi beberapa pertanyaan di buku panduan AOW. Topic siang ini adalah navigasi. Bagaimana cara menggunakan kompas di dalam laut.  Setelah melakuakan simulasi di darat, kita lansung menyelam. Ini juga lumayan sulit untuk menggunakan kompas di dalam laut. Dan charlotte pun kelihatan tidak menyukai hal ini..:)

Setelah satu jam menyelam kita keluar. Dan setelah sholat ashar dan mengisi buku AOW ku, charlotte mengatakan kalau mala mini ada penyelaman malam. Jam 7 setelah sholat magribh aku lansung mempersiapkan gearku. Kita masuk kelaut dengan 3  orang lainnya, yaitu eric (belanda) caroline (prancis) dan Adrian (prancis). Adrian adalah instruktur selam juga. Penyelaman malam sangat menakjubkan. Sungguh sangat gelap dan kita hanya bisa focus satu objeck menggunakan senter. Malam ini aku melihat udang, kepiting, plankton, karang dan berbagai jenis karang tentunya. Sangat menakjubkan. Setelah hampir satu jam kita keluar dan di permukaan kita di sambut oleh cahaya bintang. Ini sungguh sangat luat biasa. Sungguh Allah maha sempurna dengan semua ciptaanya. Bagiku mengapung di tengah laut sambil melihat cahaya bintang sungguh karunia Allah yang sangat besar. Kita keluar dari laut dan membersihkan peralatan selamku. Aku pulang untuk mandi dan sholat isha dan kembali ke dang dangna café untuk makan malam.

Pagi tgl 14 maret 2012, aku sudah di dang dangna café untuk sarapan. Setelah melahap pancake dan the tawar aku lansung mempersiapkan dive gearku. Tujuan penyelaman hari ini adalah bate tokong. Pagi ini rencananya kita akan melakukan deep dive. Rombongan pagi ini adalah aku, charlotte, erik/caroline, sonya (jerman) Adrian, gery dan istri si bob yang merupakan boz dari lumba2 dive shop.  Dan ada juga 3 dive guide. Aku group terahkir yang turun dan di guide oleh sonya dan charlotte. Kedalaman terahkir adalah 32.6 m. ini penyelaman terdalam pertamaku. Bate tokong sangat indah. Karang dan ikannya buatku sangat betah berlama-lama. Tapi SPG ku menunjukan 50 bar dan aku harus naik ke 5 meter untuk safety stop. Setelah 3 menit di safety stop kita kepermukaan dan lansung naik kapal.

Sampai di darat, aku lansung pergi untuk makan siang. Makan siang kali ini di Wallet. Tempatnya sekitar 100 meter dari lumba2 dive shop. Ini restoran rakyat. Hanya 10 ribu untuk satu lauk. Beda sekali harganya dengan café yang rata2 sekali makan adalah 30 ribu. aku makan dengan ayam dan ikan, Cuma 17 ribu. setelah makan aku pulang untuk sholat zuhur. Setelah sholat aku kembali ke lumba2 untuk melihat buku panduan AOW. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, charlotte memintaku untuk mempersiapkan dive gearku. Topic kali ini adalah naturalist. Yaitu pengenalan dengan biota laut. Jam 2 kita meluncur menuju silako cave. Ada 3 rombongan di kapal ini, ada chevy, sonya, trist dan bule2 lainnya. Aku turun dengan charlotte. Dia memintaku menulis biota laut yang kita lihat pada papan tulis kecil yang telah aku persiapkan. Ini lumayan sulit menulis di bawah laut. Alhamdulillah ilmu bawah lautku bertambah.

Setelah beberapa lama kita naik untuk safety stop. Dan setelah itu kita naik kepermukaan. Dan setelah semua berkumpul kita pulang. Adrian memintaku untuk membersihkan dive gearku, mulai dari BCD sampai ke Fins. Setelah itu aku pulang untuk mandi dan sholat ashar. Setelah sholat aku kembali ke lumba2 diveshop untuk mengisi log book selamku. Setelah browsing dan baca2 buku aku pindah untuk duduk dipekarangan lumba2 diveshop. Karena didalam sanagt rame oleh rombongan dari prancis yang baru datang. Diluar aku dihampiri oleh 2 orang local yang ternyata adalah dokter baharuddin dan temannya. Setelah ngobrol panjang lebar, dokter baharuddin minta ijin untuk shoalt magribh dirumahku. Setelah sholat diapun pulang. Dan aku pergi ke wallet untuk makan malam. Setelah makan malam aku kembali ke lumba2 untuk browsing dan cek email. Beruntung sekali lumba2 punya wifi, hingga aku bisa terus terhubung dengan teman2 lainnya. Didunia maya tentunya….

Tanggal 15 maret 2012, jam 8 aku sudah di lumba2, dan lansung menulis namaku di whiteboard untuk mendaftar menyelam hari ini. Tujuan pagi ini adalah canyon. Ada 4 group yang sudah mendaftar.  Setelah mengisi whiteboard aku sarapan di dang dangna café. Sarapan disini rata2 adalah 20 ribu.  jam 9 kita meluncur ke canyon. Group ku kali ini adalah soren (Denmark), DAN (UK), joel dan elly sebagai dive guide.  Kita turun sampai 30 meter. Canyon sangat cantik, dimana banyak karang kecil tumbuh di penekel yang menjulang.  Lumayan bervariasi biota disini, ada parrot fish, morry eel, black spottet puffer (dulu aku Tanya ikan bonta), jack travelly (ikan patai2).

Kembali ke lumba2 aku pesan untuk dibelikan makan di joel (dive guide) satu bungkus Cuma 10 ribu. setelah mandi dan sholat aku makan siang. Setelah mengisi log book, aku persiapkan gearku untuk penyelaman siang. Tujuan siang ini adalah ceulako drift. Kali ini aku dengan roy, soren, dan joel. Ceulako drift juga sangat indah, kita berenang mengikuti arus, sungguh sangat indah. setelah semua kehabisan oksigen kita pulang ke lumba2.

Aku pulang kerumah untuk mandi dan sholat ashar. Setelah itu kembali ke lumba2 untuk mengisi log book. Tidak berapa lama, kemudian magrib datang. Dan aku bersiap2 untuk pergi ke kota sabang setelah magrib an. Setelah motor yang akan aku rental datang. Aku lansung berangkat. Ternyata jalan dari dari gapang ke sabang sangatlah gelap. Dan jalannya juga terjal, ini seperti jalanan di bungus, sumatera barat. Aku tidak ingat lagi kapan terahkir aku bawa motor sejauh ini, tapi ini sangat lama terasa. Tujuan ku ke sabang adalah hanya untuk menikmati sate gurita dan mie aceh. Ahkirnya hampir satu jam aku sampai di tempat yang aku tuju. Ini merupakan tempat makan masyarakat, dimana semua makanan bisa kita jumpai disini. Setelah melahap sate gurita dan mie aceh aku berputar sebentar di kota dan ambil ambil bebrapa gambar di kantor walikota sabang. dan setelah itu aku pulang dan bayar rental motor 30 ribu.

Jumat pagi, 16 maret 2012, tidak ada aktifitas penyelaman. Aku Cuma duduk di lumba2 untuk browing. Dan ngobrol2 dengan henny yang merupakan recepcionist di lumba2. Aku sudah kenal dengannya melalui internet beberapa waktu yang lalu. Hampir zuhur aku pulang dan mandi. Dan siap2 untuk sholat jumat. Mesjid tidak terlalu jauh, ada sekitar 500 meter. Aku berangkat dengan salah satu staff lumba2 menggunakan mobilnya. Setelah sholat jumat aku beli oreo untuk makan siang hari ini, karena tidak sempat lagi untuk makan siang. Jam 2 aku siap2 untuk menyelam di bate tokong. ini kali kedua aku turun di bate tokong. aku turun dengan pasangan Denmark. seperti pengalaman sebelumnya, bate tokong ini sangat indah, dan menurutku tak akan ada bosannya biarpun kita menyelam disini berkali-kali.

Setelah semua selesai kita kembali ke basecamp (lumba2 diveshop), dan kembali kerumah untuk mandi dan sholat ashar. Setelah itu aku kembali ke lumba2 untuk mengisi log book ku. Magrib aku pulang dan pergi ke barakuda café untuk makan malam. Ternyata setelah duduk beberapa lama di barakuda café aku baru sadar kalau hari ini barakuda café tutup. Tapi syukurlah pelayan di barakuda masih mau masak buat aku. Ahkirnya aku pesan spageti goreng. Masakan di barakuda café lebih enak dari dang dangna café.

Setelah makan malam, aku kembali ke lumba2. Dan disana sudah ada Dan (UK), marika (swedia) dan Alexandra (US). Ternyata Alexandra berulang tahun hari ini dan kita berbagi kue ulang tahun.  Kita ngobrol2 sambil main kartu. Dan mengajari aku main magic hand dan magic shift. Setelah itu kita bubar kerumah masing2.

Tanggal 17 maret 2012, pagi aku sudah persiapkan diri untuk menyelam. Ini adalah hari terahkirku disini. tujuan pagi ini adalah pantai peunateung. Aku turun dengan soren dan arnete dengan dive guide ku ampun. Hari ini aku beruntung bisa melihat rombongan barakuda dan giant travelly. Dan juga melihat moray eel yang lagi keluar dari sarangnya. Lumayan besar (sebesar paha) dengan panjang 1 meter. Dan juga ada octopus yang sedang bertukar warna. Sungguh penyamaran yang sempurna bagi octopus. Setelah itu kita pulang.
Setelah makan siang di wallet dan mengisi log book aku bersiap untuk penyelaman siang. Tujuannya adalah arus balee. Aku turun dengan DAN. Siang ini aku melihat ribbon eel dan lionfish sungguh sangat cantik, tapi ingat jangan di pegang karena dua2 nya sangat berbahaya. Ada juga nudiebranch dan seasnack.

Kita kembali ke basecamp dan aku kembali kerumah untuk mandi dan sholat. Setelah itu kembali ke lumba2 untuk melunasi pembayaran penyelamanku. Lumayan juga 5 hari menyelam aku bayar 4 juta an. Setelah itu aku diberi sertifikat sementara oleh charlotte, karena sertifikat resmi akan dikirim dari australi setelah itu. Setelah mengisi log book aku pulang kerumah untuk sholat. Makan malam di wallet dan jalan ke jeti setelah itu. Ada banyak juga orang memancing di jeti ini. Aku juga bertemu Bobby, teknisi kapal lumba2.

Pagi, jam 6.30 tgl 18 Mar 2012, aku sudah barada di lumba2 untuk menunggu ojek yang akan mengantarku ke Balohan. Sejenak menunggu Muji (tukang ojek) datang dan kami berangkat. Sampai di Balohan jam 7, aku bayar ojek 50 ribu. dan lansung sarapan. Di tempat sarapan aku berkenalan dengan alex. Dia bule dari inggris. Aku ajak dia untuk sharing taxi dari pelabuhan uleleu ke airport. Kita ahkirnya beli tiket kapal lambat dengan harga 19 ribu. dan kapal berangkat jam 8. 2 jam diperjalanan terasa cepat. Karena pemandangan yang bagus di laut.

Jam 10 kita sampai di pelabuhanu uleleu dan faisal, sopir taksi yang minggu lalu aku sewa sudah menunggu. Dari pelabuhan uleleu kite kekota dulu karena alex ingin ambil uang di ATM. Setelah ambil uang kita lansung menuju bandara. Kita bayar sewa taksi 80 ribu. setelah itu aku dan alex berpisah, karena dia ingin menuju Jakarta. Setelah cek in aku lansung menuju boarding room. Disini aku berkenalan dengan sam bule dari inggris juga.

Karena pesawat kami delay, maka aku dan sam mengobrol banyak hal. Sam ternyata sangat suka ngobrol. Dan terlihat ramah. Usianya baru 25 tahun. Dia baru saja dari pulau weh, tapi di stay di iboh. Ahkirnya pesawat berangkat setelah delay 1 jam. Jam 2 pesawat ahkirnya berangkat dan sampai jam 4 di kualalumpur. Sepanjang perjalanan aku tertidur karena kurang tidur semalam. Sampai di kualalumpur sam lansung ambil uang di ATM dan aku lansung tukar uang di money changer. Kami lansung beli tiket bus ke KL sentral. Tiket bus round trip dari LCCT ke KL central adalah 14 RM. Sekitar 40 menitan kita sampai di KL central dan kita lansung menuju tempat teman sam menunggu. Kita bertemu Sebastian (prancis) disana dan setelah itu kita bertemu dengan Miriam  (belgia) dan patrict (Malaysia) yang sudah menunggu di mobil.

Ahkirnya aku ikut dengan sam ke rumahnya patrict. Rencana semulaku yang hanya menikmati twin tower berubah. Tapi diperjalanan patrict sempat berhenti untuk memberi kesempatan kepadaku untuk mengambil gambit twin tower. Setelah itu kita meluncur ke rumah patrict. Rumahnya lumayan jauh. Mungkin sekitar satu jam. Rumahnya ada didaerah pucuk. Setelah menjemput teman yang lain, namanya dani yang merupakan back packer dari honggaria, kita lansung menuju tempat makan. Nama tempat makannnya adalah medan selera. Tempat ini sangat ramai dan kita bisa menemukan berbagai jenis makanan. Aku pesan nasi lemak kesalah satu penjual makanan disana. System beli makanan disini adalah, kita pesan dan sebutkan nomor meja kita, maka penjual makanan akan mengantar makanan ke tempat kita. Pengalaman manarik, karena sipenjual nasi lemak bingung, karena ketika dia mengantar makanan aku tidak ada dimeja itu sedangkan yang ada adalah teman2 buleku. Tapi tetap dia meninggalkan makananku di meja itu. Jadi aku harus kembali ketempat penjual tadi untuk membayar. Karena biasanya kita bisa bayar makanan ketika mereka antar makanan ke meja kita. Aku juga pesan yogurt dan kentang goreng yang lumayan enak. Ini adalah makan siang sekaligus makan malamku.

Setelah makan malam kita meluncur ke rumah Thomas yang merupakan bule dari jerman yang sudah menetap di Malaysia. Di rumah Thomas ternyata sudah ada api unggun. Rencananya kita akan nge jam di sini. Sam dan Sebastian sudah membuka botol bir mereka. Ternyata satu botol belum cukup buat mereka ketika makan malam tadi. Patrict membuka sarung gitarnya dan mulai memainkan sebuah lagu. Aku diberikan satu gitar untuk main bass. Lagu ini tidak terlalu sulit untuk memainkannya. Suasana mulai hangat ketika Thomas bermain solo dan mendendangkan sebuah lagu prancis. Miriam juga memainkan sebuah lagu. Miriam mempunyai suara yg bagus dan Sebastian lumayan bagus bermain gitar. Sam memainkan gendang. Setelah mereka main beberapa lagu, mereka mendaulat ku untuk memainkan gitar dan bernyanyi. Dua buah lagu tak terasa lewat sudah, dan bangga juga mendapat applaus dari bule.

Tak terasa jam 10 malam sudah. Taksi yang kita pesan sudah datang. Kita berpamitan dengan teman2 yang lain. Miriam berpesan kepadaku untuk sering bernyanyi. Mungkin dia paham kalau beberapa bulan terahkir aku tidak latihan vocal lagi, dan ketika bernyanyi tadi, sering pindah nada, bukan disengaja tapi karena vocal ku yang tidak kuat lagi untuk nada2 tinggi.

Kita lansung menuju KLI (airport international Malaysia). Kita lansung ke KLI karena pesawat sam harus berangkat tengah mala mini.  Sampai di KLI aku dan sam berpisah. Sam lansung menuju cek in counter dan aku lansung cari buz ke LCCT.  Ternyata buz LCCT ada di lantai dasar dan harga karcis adalah 2.50 RM. Jarak antara KLI dan LCCT tidak terlalu jauh. Jam setengah satu aku sampai di LCCT dan lansung membasuh badan ku di toilet mushalla. Karena hampir seharian kena panas badanku menjadi gerah. Setelah membasuh badan aku lansung sholat magribh dan isha yang di Jamak.